Selasa, 12 Februari 2008

Bayam





nama ilmiah : Amaranthus tricolor L.
suku : Amaranthaceae
uraian: bayam. nama ini mungkin tak asing lagi bagi penduduk indonesia, walau pun bayam bukan berasal dari indonesia. tapi, karena kita penduduk pribumi sering memakannya sehingga pastinya tidak asing lagi dengan bayam. tumbuhan ini bisa ditemukan pada ketinggian 5-2.00 m dpl. tumbuh di daerah panas dan dingin, tapi tumbuh lebih subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas
banyak dari kita mengkonsumsiinya sebagai sayuran.lebihseringnya di sayur bening. selain rasanya yang enak, bayam juga murah dan gampang untuk di dapat. tapi kebanyakan dari kita tidak tahu kalau bayam punya kelebihan. antara lain, bayam bisa menjadi obat. yaitu untuk mengobati : membersihkan darah sehabis bersalin, mempekuat akar rambut, tekanan darah rendah, kurang darah, disentri, dan gagal ginjal.
cara pemakaian : pemakaian dalam, sediakan 25-30 gram daum bayam segar, lalu rebus dan dimakan sebagai lalap. selain direbus bayam juga dapat dijus untuk diminum. untuk pemakaian luar, giling daun bayam segar sampai halus, lau tempelkan pada luka akibat gigitan binatang berbisa.
sumber : Atlas tumbuhan obat indonesia

Tidak ada komentar: