Senin, 11 Februari 2008

Bandotan

Bandotan
nama tanaman ini tidak keren...!!!
bahkan kesannya lucu....^_^
kalau di kelas 10-3 itu julukan buat novi....
walaupun namanya jelek tapi.... hai saudaraku. perlu diketahui...., kalau daun ini manfaatnya gede banget. terutama dalam hal pengobatan.
tapi sebelum kita tau manfaat dari tanaman ni kita mesti tahu terlebih dulu nama ilmiah dari daun ini. nama ilmiah daun ini yaitu Ageratum conyzoides L.
tumbuhan ini berasal dari amerika tropis. di indonesia tumbuhan ini lebih dikenal sebagai tanaman liar, bahkan tanaman pengganggu semacam gulma. tanaman ini bisa kita gunakan kalau kita lagi: demam, malaria, sakit tenggorokan, radang paru2, radang telinga tengah, mimisan, diare, disentri, mulas, perut kembung, tumor rahim, perawatan rambut, dan masih banyak lagi.
cara pakai : untuk diminum, kita bisa merebus 15-30 gram daun yang udah kering, kalau tidak, 30-60 gram daun yang masih seger. terus kita peras airnya terus kalau sudah diperas kita tinggal minum air perasan tersebur. tapi kita jangan kaget, kalau minum ini mungkin rasanya agak sedikit pahit, pedes,dann sifatnya netral.
cuma ni saja pengetahuanku tentang bandotan kalau mau tahu lebih jelas bisa tanya ibu uccu kalau tidak cari dan buka buku yang judulnya Atlas Tumbuhan Obat Indonesia......

Tidak ada komentar: